Thinking OOP

Hello dev, meet me again (creatorb). Sebelum membahas mengenai pemikiran yang dimaksud, apakah anda telah mengetahui apa itu OOP ? Menurut wikipedia OOP adalah Object oriented programming, dimana hal tersebut merupakan paradigma pemrograman yang mewakili konsep "Objek" yang memiliki bidang data (atribut yang menggambarkan objek) dan prosedur terkait dikenal sebagai metode. Contoh objek adalah class, yang digunakan untuk berinteraksi dengan satu sama lain untuk merancang aplikasi dan program komputer.

Pemrograman Prosedural
Dalam pemrograman prosedural, Anda perlu merancang program yang berbeda untuk masing masing project anda. (Bahkan sedikit perubahan dalam kebutuhan Anda harus merancang lagi sepenuhnya dari awal jika tidak bisa hanya sebagian saja dan melakukan beberapa perbaikan yang tidak efisien) Di sinilah letak kelemahan pemrograman prosedural.

Object Oriented Programming (OOP)
Memang masalah nya lebih mudah dari kelihatannya, yang perlu anda lakukan adalah mencari tahu kebutuhan pengaksesan umum dalam program anda dan selanjutnya membungkusnya dalam class dasar. Ibarat kita sedang mengendarai tank, kita dapat membungkus fungsi (Method) untuk Warna, Power, Senjata,Kapasitas di dalam class yaitu dalam class tank umum. Selanjutnya kita akan membuat dua kelas yang lebih yaitu satu untuk tank muatan dan lainnya untuk tank perang, keduanya akan mewarisi fitur utama kelas yaitu kelas tank umum. Sekarang untuk metode yang diperlukan hanya untuk yaitu Tank muat adalah Warna,Kapasitas muatan,Power, kita bisa menambahkannya ke dalam kelas Tank Perang terpisah dan Tank muatan kita perlu menambahkan Kapasitas metode Tank muatan ke dalam kelas Tank muatan semua metode lain yang diwarisi dari kelas tank umum ( yaitu kelas dasar atau kelas induk atau kelas utama).

Catatan: Tank muat dan Tank perang mewarisi kelas dasar kelas yaitu Tank Umum sehingga mereka dapat mengakses semua metode yang ditetapkan dalam kelas tank Umum. Jadi apa yang sebenarnya kita lakukan dalam pemrograman OOP adalah alih-alih membuat program yang berbeda untuk mencapai persyaratan yang sedikit berbeda, kita membagi seluruh program ke dalam kelas dan dengan fitur Warisan di OOP kita mewarisi fungsi satu kelas ke yang lain.

Hal terbaik tentang OOP adalah ; jika mengatakan ada datang kebutuhan di masa depan dan kita perlu membuat beberapa perubahan dalam program, katakanlah kita perlu menambahkan satu properti yang lebih baik di masa depan yaitu rudal ke dalam sistem yang ada (Sistem tank yang tadi kita bayangkan). Yang harus Anda lakukan adalah hanya membuat kelas Rudal dan mewarisi properti dari kelas tank Umum ke dalamnya dan menambahkan metode tambahan yang diperlukan hanya untuk kelas Tank Perang tanpa harus membongkar dan memuat ulang lagi program yang telah ktia bikin. Okkay, saya berharap bahwa Anda sekarang tahu pentingnya OOP dan mengapa OOP lebih disukai daripada pemrograman prosedural. ;)

Oke dev, semoga mata anda kini terbuka mengenai bagaimana suatu program tidak hanya ditulis untuk berjalan saat ini, tapi ikut berjalan bersama waktu dengan beberapa dukungan perubahan lebih baik. Sekian dari saya and see you next think ;) keep learn and stay coding...

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply